Ungkot Kemamah

Ungkot Kemamah

Daftar Menu Masakan – Aceh provinsi diujung Barat Indonesia ini menyimpan beraneka macam kekayaan kuliner. Dengan kekhasan car pengolahan dan penyajian, kuliner khas aceh selalu enak untuk di nikmati dan sangat lezat disantap. Ungkot Kemamah ini adalah salah satu dari sekian banyak masakan khas Aceh. Masakan ini sudah ada dari jaman dulu. Bahkan makanan ini andalan para pahlawan Aceh pada saat perang melawan kafir Belanda. Fungsi masakan ini sendiri hampir sama dengan rendang—makanan yang awet dan tidak mudah basi. Semakin dipanaskan/dihangatkan semakin enak. Disebut ikan kayu karena tekstur ikan ini keras akibat dari proses pengeringan di terik matahari dan melalui pengasapan. Hal ini dimaksudkan agar ikan lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Setelah dijemur dan dipotong sepanjang pergelangan tangan, lalu dilanjuti dengan proses pelumuran tepung dan sekikit kapur.

Secara umum, sejarah masakan Aceh berkembang pada saat zaman hindu yang dibawa oleh orang India yang secara lokasi dekat dengan Aceh. Masakan Aceh sendiri pun sangat mirip dengan masakan India. Hal ini didukung pula karena ketersediaan rempah-rempah di daerah setempat yang mewarnai cita rasanya yang asam dan pedas serta gurih. Jenis makanan di Aceh pun beragam. Ada yang berkari kental, berkuah, dan bertumis seperti Ungkot Kemamah ini.

Keumamah sering disebut dengan Ikan kayu atau di kenal juga dengan nama Gulaie Keumamah, atau juga populer di sebut Eungkot Kayee yang paling banyak diminati oleh masyarakat Aceh.

Bahan-bahan:

  • 1 potong ikan keumamah (ikan kayu) rebus,lalu disayat tipis-tipis
  • 30 buah asam sunti
  • 1 sdm cabe rawit giling
  • ½ sdm cabe merah giling
  • 10 siung bawang merah
  • 1 tangkai daun kapri pulai (teumurui)
  • 1 cangkir minyak kelapa

Cara Pengolahan:

  • Campur semua bahan lalu tumis dengan satu cangkir minyak yang telah dipanaskan, masak sampai kekuningan. kalau Anda suka pedas, bisa tambahakan cabe Hijau yang di patah 3 saat menumis.
  • Rebus ikan keumamah (ikan kayu) atau ikan tuna/tongkol/suree yang telah dibersihkan isi perutnya dalam keadaan utuh, beri perasan jeruk nipis atau asam jawa,rebus sampai kering airnya. Lalu dijemur sampai kering, boleh dilumur dengan tapioca untuk melindungi lapisan luar dan dijemur lagi sehingga keras, kelihatannya seperti potongan kayu kering.
  • Sajikan Ungkot Kemamah hangat-hangat, Santap dengan nasi hangat pasti nikmat. Tambahkan emping atau krupuk.

Demikianlah bahan-bahan dan cara pengolahan Ungkot Kemamah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Masakan :

Mungkin Anda Menyukai