Soto Mie Bogor

Tidak ada komentar 130 views

Soto Mie Bogor

Soto adalah makanan khas orang betawi yang sudah turun temurun disajikan dimana makanan ini mempunyai rasa yang enak banget karena kuahnya yang memang kaya akan bumbu-bumbu rempah alami, Soto biasanya dicampur dengan ayam atau sapi dan juga mie dan masih banyak lagi karena memang kunci utama dari rasanya yang enak adalah dari kuahnya, Nah yang cukup populer dan enak banget salah-satunya ininih Soto Mie Bogor yang rasanaya cukup unik dan beda banget sama soto kebanyakan. Meskipun resep untuk membuat makanan seperti ini sudah banyak anda ketahui dari mulut kemulut atau dari buku masak ataupun Internet namun resep ini memiliki ciri khas tersendiri yang membuat rasanya jauh lebih lezat. Cara untuk membuat menu ini juga mudah kok asalkan anda benar-benar mau belajar saja hehe. Dijamin deh kalo bener cara buatnya sesuai dengan yang kita infokan pasti anda ketagihan.

Soto memang digemari oleh orang-orang Indonesia bayangkan saja sudah berapa banyak kedai ataupun restoran yang menyajikan menu ini dan bahkan yang lebih mencenangkan lagi Soto sudah go Internasional loh kawan-kawan, Nah jadi gak heran dong kalo soto sangat disukai. Ada beberapa soto yang menjadi andalan di Indonesia diantaranya Soto ayam lamongan, Soto banjar, Soto sulung, Soto madura, Soto betawi dan masih banyak lagi. Sedangkan menu Soto mie bogor belum banyak diketahui karena mamang masih baru dibuat tidak seperti yang soto di daerah lain yang sudah ada sejak lama. Meskipun serupa namun jelas makanan ini berbeda dengan yang lain karena bahannya lebih koplit dengan memadukan rempah-rempah yang alami.

Tidak seperti soto pada umunya yang lebih menggunakan bihun sebagai salah-satu pondasi pelengkap, resep makanan soto dari bogor ini menggunakan mie kuning basah sebagai pelengkap. Salah satu ciri khas yang lain adalah penggunakan risoles isi bihun sebagai salah satu bahannya. Walaupun sebagai bahan pelengkap tetapi aneh rasanya kalau resep soto mie dari bogor tidak dicampur risoles. Pada umumnya masakan ini menggunakan daging sapi tetapi teman-teman bisa menggantinya dengan variasi lalin seperti tetelan sapi atau jeroan sapi yang lain seperti babat, iso dan kikil sapi.

Bahan dan Bumu Resep Soto Mie Bogor :

  • Daging sapi sebanyak 300 gram.
  • Mie kuning basah yang masih bagus sebanyak 100 gram atau bisa juga mie instan yang sudah direbus.
  • Jahe yang sudah dimamarkan sebanyak 2 cm.
  • Daun salam sebanyak 2 psc.
  • Lengkuas sebanyak 2 cm.
  • Kaldu sapi instan supaya aroma dan rasanya lebih gurih sebanyak setengah sendok.
  • Gula pasir putih secukupnya.
  • Garam dapur secukupnya.
  • Minyak goreng unyuk menumis secukupnya.
  • Kol segar sebanyak 3 sampai 5 lembar yang sudah dicuci bersih lalu dirajang halus.
  • Tomat segar sebanyak 2 sampai 3 yang sudah dicuci bersih lalu dipotong sesuai selera anda.
  • Daun bawang segar sebanyak 2 sampai 3 yang sudah bersih dicuci.
  • Kentang yang telah digoreng sebanyak 2 psc.
  • Risoles secukupnya.
  • Kecap manis secukupnya.
  • Sambal rawit secukupnya.
  • Bawang goreng secukupnya.
  • Kerupuk putih atau emping melinjo secukupnya.

Cara Membuat Soto Mie Bogor :

1. Langkah pertama rebus daging sapi atau tetelan sapi yang digunakan dengan air bersih secukupnya (kurang lebih sebanyak 1600ml) sampai benar benar empuk. Angkat dan ambil air kaldunya sebanyak kurang lebih 1 liter saja unutuk bahan kuahnya.
2. Potong daging kecil kecil sesuai selera lalu sisihkan.
3. Haluskan bumbu resep sotonya, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, merica dan cabainya sampai halus. Lebih baik diuleg saja supaya aromanya keluar dan lebih harum.
4. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak goreng secukupnya.
5. Masukkan bumbu halus diatas dan masak sambil diaduk aduk sampai matang dan tercium bau harum khas tumisan.
6. Tuang air kaldunya lalu aduk aduk sebentar supaya tercampur rata.
7. Masukkan jahe, lengkuas, daun salam, batang serai, kaldu sapi dan beri gula dan garam dapur secukupnya lalu aduk aduk kembali sampai harum.
8. Masukkan daun bawang lalu aduk aduk kembali. Cicipi dulu dan tambahkan gula pasir atau garam dapur kalau diperlukan, aduk aduk kembali.
9. Siapkan mangkok dan beri mie basah, daging yang sudah empuk atau tetelan daging, tomat dan potongan kol lalu siram denga kuah kaldunya.
10. Masukkan risoles dan taburi dengan bawang goreng.
11. Tambahkan kecap, perasan air jeruk dan sajikan bersama emping atau kerupuk dan sambal rawitnya kalau suka.

Baca Juga :