Sate Padang

Sate Padang

Sate Padang – Sate padang merupakan salah satu menu masakan yang sangat lezat begitu di nikmati. Hidangan yang satu ini sangat tepat di rasakan pada malam hari, dalam satu padang terdapat lontong yang di cetak menjadi ketupat.
Sate padang pun memiliki citra ras yang unik, dengan bumbu sate yang berwarna kuning gelap dan bumbu sate yang kental.

Baca juga

Resep Ikan Gurame Bakar Madu

Nah ini dia resep untuk membuat Sate Padang, bahan dan proses pembuatnya sangat sederhana, Silahkan mencoba ya gaes, semoga berhasil.

Bahan dan Bumbu Membuat Sate Padang:

– 1/2 kg daging sapi
– 1 lidah sapi
– 1/2 kg campuran jeroan sapi
– 2 cm jahe, memarkan
– 1 batang serai, memarkan
– 1 lembar daun kunyit
– 2 cm lengkuas, memarkan
– 500 ml air
– 4 lembar daun jeruk
– 50 gram tepung beras, di larutkan dengan sedikit air

Bumbu Sate Padang yang Dihaluskan:

– 4 cabai merah kering
– 1 sdt garam
– 5 siung bawang putih
– 2 sdt ketumbar, sangrai
– 5 butir bawang merah
– 1/2 sdt merica bubuk
– 5 cm kunyit
– 1 sdt jintan bubuk, sangrai
– 1/2 sdt gula pasir

Bahan Pelengkap Untuk Sate Padang:

  • Bawang goreng untuk taburan
  • Ketupat atau lontong
  • Daun pisang, potong melingkar

Cara Mengolah Daging dan Jeroan Sebelum Diolah:

1. Langkah pertama untuk memulai memasak sebelum daging dan jeroan dibumbi, ada baiknya jika kita potong-potong terlebih dahulu dengan bentuk dadu ukuran yang diinginkan. Potong-potong daging dan jeroan juga lidah sapi dengan bentuk dadu. Hanya saja, jangan memotongnya terlalu tebal atau terlalu besar agar ketika dibakar tidak ada bagian daging yang masih mentah.

2. Setelah dipotong-potong secara menyeluruh, silahkan cuci bersih semua bahan termasuk dengan daging dan jeroan hingga bersih dengan dan masukkan daging dalam wadah kemudian sisihkan sementara.

Cara Membuat Bumbu Sate Padang:

1. Untuk membuat bumbu terlebih dahulu silahkan haluskan bumbu dengan menggunakna mesin penghalus atau ditumbuk dengan menggunakan ulean hingga bumbu benar-benar halus.

2. Kemudian masukkan bumbu yang telah dihaluskan pada daging bersama dengan lidah sapi dan jeroan dan pastikan jika semua bahan terlumuri dengan benar.

3. Sebelum dimasak dn dibakar, diamkan terlebih dahulu daging agar bumbu yang dilumuri hingga meresap kedalamnya dengan sempurna.

4. Setelah didiamkan, masak daging bersama dengan jahe, lengkuas, daun kunyit dan daun jeruk hingga tercium bau harum yang sedap dan daging menjadi lebih matang.

5. Setelah daging matang, angkat dari wajan dan kentalkan dnegan kuah larutan tepung beras hingga benar-benar mengantal. Agar kuah bisa kental dengan merata, silahkan aduk dengan cepat saat larutan tepung beras baru saja dimasukkan.

6. Siapkan tusukan sate, dan tusuk daging yang sudah dipotong-potong secara berseling atara dgaing, jeroan dan lidah sapi. Anda bisa mengatur berapa banyak potongan yang ingin ditusuk dalam satu tusukan.

7. Setelah itu, bakar sate diatas bara api sebentar saja hinggadaging berwarna kecoklatan dan tercium bau aroma yang harum.

Mungkin Anda Menyukai