Resep Cumi Goreng Tepung

Resep Cumi Goreng Tepung

Seputar tentang cumi.

Cumi merupakan salah satu hewan laut yang tidak memiliki tulang belakang. Dengan memiliki ciri khasnya berupa tinta hitam dan tentakel.
Ciri khas dari cumi tersebut memiliki fungsinya, dimana tentajel berfungsi untuk menangkap ikan-ikan kecil atau hewan kecil lainnya yang menjadi menu makannya.
Dan tinta hitamnya yang berfungsi untuk menyelamatkan diri hewan pemburu cumi, dengan cara menyemprotkan tinta hitam tersebut ke arah sang pemburu, maka penglihatan dari pemburu tersebut akan kabur dan di saat itu cumi akan melarikan diri.

Resep Cumi Goreng Tepung.

Cumi goreng tepung merupakan salah satu kuliner yang berasal dari laut atau di kenal dengan kata lain seafod. Kuliner yang satu ini sangat di sukai banyak orang dari berbagai kalangan, terutama pada anak-anak karna rasanya yang guring dan tidak pedas. Selain dengan rasanya yang lezat dan gurih, cumi goreng tepung ini menyerupai bentuk cincin. Menu masakan ini sering di jual di restoran dan rumah makan yang ada di sekitar rumah anda.

Anda tidak perlu repot untuk membeli menu masakan yang satu ini, karna cara untuk memasak menu makanan yang satu ini cukup mudah dan tidak sulit di lakukan di rumah anda. Agar bau amis pada cumi hilang, cucilah cumi dengan air jeruk nipis. Sementara itu, untuk menghasilkan rasa yang gurih pada tepung, campurkan bumbu-bumbu seperti merica bubuk, kaldu bubuk, dan bawang putih pada adonan tepung. Anda bisa menyajikan hidangan ini bersama dengan saus mayones maupun saus sambal.

Bahan-bahan

-Cumi, bersihkan kulit luar dan isi tubunya, cuci bersih, potong cincin – 500 gram
-Jeruk nipis – 1 biji
-Air es – 100 ml
-Bahan tepung:
-Tepung terigu – 250 gram
-Tepung tapioka – 2 sdm
-Baking powder – 1 sdt
-Garam – 1,5 sdt
-Kaldu bubuk – 1/2 sdt
-Merica bubuk – 1/2 sdt
-Bawang putih – 1 sdt

Proses pembuatannya

1. Cumi yang sudah dipotong bentuk cincin aduk rata dengan air jeruk nipis.

2.Diamkan 10 menit kemudian cuci bersih. Tiriskan.

3. Ambil 1/3 bagian tepung, beri air es sampai cukup kental. Aduk rata.

4. Baluri potongan cumi satu persatu ke adonan tepung kering. Celup ke adonan basah.

5. Gulingkan lagi di adonan tepung kering. Tepuk-tepuk sisa tepung.

6. Goreng di minyak yang panas dengan api sedang. Goreng hingga lapisan tepung berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

7. Sajikan disaat hangat dengan saus favorit

Tips

1.Untuk menggoreng cumi biar tidak alot, waktu penggorengan tidak boleh lama. Jadi panaskan terlebih dahulu minyak hingga benar-benar panas, baru kemudian goreng cumi.

2.Ketika menggoreng, jangan memasukkan cumi terlalu banyak di wajan.

Mungkin Anda Menyukai