Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau

Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau

Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau – Jengkol merupakan salah saju jenis sayuran yang memiliki rasa yang cukup lezat, namun terdapat sisi buruk dalam memakan jengkol. Y aroma yang di keluarkan jengkol sangat menyengat atau pun bisa di bilang bau.
Meskipun bau ternyata rasa bau dari jenggol dapat di atasi juga lo gaes.

Membuat rendang jengkol sangat lah mudah, hanya saja anda harus lebih bersabar lagi dalam mengolah jengkol agar menghasilkan rendang jengkol yang enak, empuk dan tidak bau. Bau jengkol yang menyegat akan hilang jika memang anda dapat mengolah jengkol dengan benar dan tepat saat memasaknya. Tips atau trick dalam mengolah jengkol agar empuk dan tidak bau juga sangat mudah dan tidak sulit.

Pertama anda dapat menggunakan irisan daun jeruk untuk merebus jengkol terlebih dahulu sebelum dimasak lebih lanjut. Cara ini efektif menghilangkan aroma khas bau jengkol yang sangat menyengat. Cara lain untuk menghilangkan bau jengkol ketika dimasak adalah dengan merendam jengkol kedalam air kapur satu malam terlebih dahulu sebelum diolah. Cara ini juga dapat menetralisir bau jengkol yang menyengat tanpa mengurangi kelezatan jengkol saat dimasak .

Bahan-bahan Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau :

– Jengkol 1/2 kilo gram (direndam dengan air selama 1 malam dengan daun jeruk atau kapur)
– Santan kental 1/2 liter (dari 1/2 butir kelapa)
– Daun salam 2 lembar
– Jahe 1 ruas jari (di memarkan)
– Serai 1 batang (di memarkan)
– Air 1/4 liter
– Garam , gula dan penyedap rasa secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau :

– Bawang merah 10 siung
– Bawang putih 6 siung
– Cabai merah 5 buah (dibuang bijinya)
– Kemiri 4 buah (di sangrai)
– Kunyit 1 ruas jari (di bakar)

Pelengkap Sajian Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau :
Bawang goreng (digunakan sebagai taburan)

Cara Membuat Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau :

1. Pertama-tama jengkol yang sudah direndam semalaman direbus sampai 1/2 matang atau empuk, angkat lalu tiriskan.

2. Kemudian memarkan jengkol satu persatu sampai agak pipih atau gepeng tapi hati-hati jangan sampai hancur. (hal ini dilakukan agar bumbu dapat meresap ke dalam jengkol)

3. Selanjutnya panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus beserta daun salam , jahe dan serai sampai wangi dan matang.

4. Masih terus menumis lalu masukkan jengkol sambil terus diaduk ,masukkan air dan masak kembali sampai jengkol benar-benar empuk.

5. Masukan santan kelapa yang sudah anda siapkan tadi dengan perlahan dan sedikit demi sedikit , lalu aduk-aduk terus bertujuan agar santan tidak pecah.

6. Terakhir tambahkan garam , gula pasir dan penyedap rasa aduk sesekali dengan perlahan , lalu masak sampai bumbu meresap

Baca juga

Mungkin Anda Menyukai