Pempek Palembang

Tidak ada komentar 174 views


Makanan tradisional dari Sumatra Selatan ini terbuat dari ikan dan tepung sagu yang tentunya sangat enak dimakan. Pempek memiliki citarasa yang kenyal dan juga gurih dengan saus yang asam pedas memang pas sekali untuk disantap. Jaman dulu orang-orang dibuat dari daging ikan Belida yang dadapatkan dari sungai musi yang mempunyai rasa dan aroma yang gurih. Namun karena ikan Belida sulit untuk didapatkan serta mahal maka dipakai daging ikan gabus yang harganya jauh lebih terjangkau tetapi dengan rasa yang tetap gurih. selain itu ada juga ikan air tawar lainnya seperti ikan putak, toman, dan bujuk. namun yang sangat digemari adlah jenis ikan tenggiri, kakap merah, parang-parang dan ekor kuning.

Pemepek disajikan bersama saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuku (bahasa palembang). Pembuatan cuka sendiri dibuat dari air yang di didihkan kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit yang ditumbuk, bawang putih  dan garam. Masyarakat Palembang umumnya lebih suka membuak cuka pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring banyaknya pendatang dari pulai Sumatera maka sekarang sudah dapat ditemui cuka dengan rasa manis bagi yang tidak suka pedas.

Cuka dapat melindungi gigi anda dari Karies (kerusakan lapisan email dan dentin). Karena dalam satu liter kuah pempek biasanya terdapat 9-13 ppm flour. Satu pelengkap dalam menyantap makanan yaitu irisan timun segar dna mie kuning.

Pemepek ada beberapa jenis diantaranya pempek kapal selam yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Selain itu ada juga pempek lenjer, pempek bulat, pempek kulit ikan, pempek pistel, pempek telur kecil dan pempek keriting.

Pempek bisa ditemukan dengan sangat mudah di seantero Kota Palembang. Pempek dijual dimana-mana di Palembang, ada yang menjual di restoran, ada yang dipinggir jalan, dan juga ada yang dipikul. Disemua kantin sekolah, tempat kerja, kampus pasti ada yang menjual pempek. Tahun 1980-an, penjual pempek biasa memikul 1 keranjang pempek penuh sambil berkeliling Kota Palembang jalan kaki menjajakan makanannya.

Bahan dan Bumbu Resep Pempek Palembang :

  • Ikan tenggiri sebanyak 250 gram yang sudah siap digiling.
  • Tepung sagu sebanyak 120 gram.
  • Bawang putih yang sudah dihaluskan sebanyak 2 siung.
  • Bawang merah yang sudah di iris halus sebanyak 3 siung.
  • Telur ayam sebanyak 1 butir.
  • Air sebanyak 100 ml.
  • Santan kelapa sebanyak 175 ml.
  • Garam secukupnya.
  • Merica secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat Pempek Palembang :

1. Campurkan ikan tenggiri yang sudah di haluskan dengan garam, merica, telur, dan bawang goreng. Tambahkan tepung dan diaduk sampai rata. Tambahkan santan kelapa, aduk rata
2. Setelah semuanya tercampur, bentuk bulat-bulat
3. Rebus pempek kapal selam hingga pempek mengapung, kemudian tiriskan
4. Pempek palembang dapat disajikan langsung atau digoreng terlebih dahulu. Apabila digoreng, pastikan menggunakan minyak panas yang cukup banyak. Setelah matang sempurna, angkat dan tiriskan
5. Buat cuko sesuai langkah-langkah pada resep “Pempek kapal selam asli Palembang”
6. Sajikan pempek palembang dengan cuko selagi panas

Baca Juga :