Martabak Aceh

Martabak Aceh

Daftar Menu Masakan Martabak Aceh merupakan salah satu kekayaan kuliner dari Nusantara, walaupun sebenarnya asal martabak sendiri bukan berasal dari tanah air. Martabak Aceh memiliki perbedaan atau kekhasan dalam proses dan penyajiannya. Dalam membuat makanan ini agak sedikit beda dengan martabak telur biasanya. Mula-mula dimulai dengan menggoreng kulit panganan ini dulu yang dibentuk persegi biasa, seperti dalam membuat roti canai. Selanjutnya kulit martabak ini dituangi dengan menggunakan kocokan telur yang sudah diberi campuran bumbu-bumbu kemudian digoreng seperti halnya membuat telur dadar.

Martabak Aceh sangat terkenal, banyak orang Aceh yang membuka usaha Martabak Aceh dan meraih kesuksesan atau laris. Martabak Aceh sendiri sudah terkenal di Nusantara.

Bahan-bahan:

  • Adonan kulit:
    – 375 g tepung terigu serbaguna
    – 50 g mentega
    – 1 sdt garam
    – 2 butir telur ayam
    – 175 ml air
  • Adonan telur:
    – 3 sdm minyak sayur, untuk menumis
    – 1 buah bawang bombay, iris tipis
    – 2 siung bawang putih, cincang halus
    – 250 g udang ukuran kecil, cincang kasar
    – 250 g dada ayam rebus, cincang kasar
    – 2 batang bawang daun, iris tipis
    – 2 tangkai seledri, iris tipis
    – 1½ sdt garam
    – 9 butir telur ayam
  • Acar, aduk rata, simpan selama satu malam:
    – 100 g cabai hijau, buang tangkainya
    – 150 g bawang merah, potong dadu ½ cm
    – 2 sdt cuka masak (5%)
    – 1½ sdm gula pasir
    – ½ sdt garam

Cara Pengolahan:

  • Untuk membuat Martabak Aceh ini ada dua hal yang harus dipersiapkan, yaitu kulit martabak dan adonan telur. Kulit martabak biasanya terbuat dari bahan seperti tepung, mentega, dan telur. Proses pembuatannya hampir sama dengan kue cane, yaitu campur semua bahan dan diaduk menjadi adonan. Setelah jadi, adonan tersebut digoreng tipis-tipis hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  • Kemudian untuk membuat adonan telur biasaya terdiri dari bahan seperti telur, garam, daun bawang dan bawang merah. Selain itu ada juga yang menambahkan beberapa bahan seperti bawang bombay, udang kecil, seledri, dan lain-lain, sebagai variasi. Untuk membuat adonan tersebut, caranya hampir sama dengan membuat adonan telur dadar, yaitu telur dan bahan tadi dimasukan ke dalam wadah dan dikocok-kocok hingga rata.
  • Setelah kulit martabak dan adonan telur selesai, kemudian panaskan minyak secukupnya dalam wajan martabak. Setelah minyak panas, kemudian adonan telur dituangkan secukupnya ke dalam wajan dan dilebarkan seperti halnya membuat telur dadar. Setelah telur memadat, kemudian letakan kulit martabak di atas telur dan lipat telur sesuai dengan ukuran kulit martabak. Setelah itu lakukan lagi proses yang sama untuk bagian sebaliknya hingga kulit martabak tertutup dengan telur. Setelah itu goreng lagi hingga matang.
  • Sajikan Martabak Aceh hangat-hangat, dengan ditambah acar dan kuah kari.

Demikianlah bahan-bahan dan cara pengolahan Martabak Aceh. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Masakan :

Mungkin Anda Menyukai