Mangut Ikan Asap Khas Semarang

Mangut Ikan Asap Khas Semarang

Mangut Ikan Asap Khas Semarang
Mangut Ikan Asap Khas Semarang –¬†Jika berlibur ke Semarang jangan lewatkan salah satu masakan khas Semarang ini. Masakan selalu ada di setiap warung makan yang anda temui, masakan ini sebenarnya berasal dari kabupaten Pati kecamatan Juwana. Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba masakan ini. Untuk ibu-ibu d rumah bisa mempraktekan menu masakan ini, dengan bahan dan cara membuat yang mudah tentu saja bisa ibu-ibu bisa memberikan resep baru buat seluruh anggota keluarga. Berikut bahan dan cara membuatnya :

Bahan-bahan
6 potong ikan asap
50 gr udang kupas
2 Tahu putih potong kotak
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 ruas sereh,geprek
1 ruas lengkuas,geprek
1 ruas jahe,geprek
200 ml santan

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
5 biji cabe merah keriting
10 biji cabe rawit
2 butir kemiri
1 ruas kunyit
Sedikit terasi bakar
secukupnya Garam, gula

Langkah
Cuci ikan asap sisihkan

– Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan sereh,lengkuas,jahe,daun salam,daun jeruk. Tumis sampai layu
– Masukkan udang,tumis smp berubah warna. Tambahkan sedikit air
– Masukkan Tahu putih,ikan asap. Beri garam, gula dan penyedap jika suka. didihkan
– Masukkan santan, masak sampai bumbu meresap. Test Rasa

Di Semarang ikan yang sudah diasapi ini lebih dikenal dengan panggang. Sedangkan Mangut merupakan nama masakan panggang (ikan asap) tersebut. Ciri khas ikan asap ini adalah baunya yang sangit. Bau sangit inilah yang menjadi daya tarik dari ikan asap ini. Jangan khawatir akan bau sangit tersebut, bau itu tidak ditimbulkan dari daging ikan, melainkan dari tempurung kelapa yang digunakan untuk proses pengasapan.

Proses pengasapan ini berlangsung lebih kurang 30 menit dengan api yang kecil. Jarak antara arang dan dan arang pun tidak boleh dekat, agar matangnya rata dan tidak cepat gosong. Ketika menyantap ikan asap ini, pasti Anda akan menemukan potongan biting atau lebih dikenal dengan sapu lidi. Fungsi biting ini adalah sebagai penguat. Karena jika tidak ditusuki dengan biting, Ikan Asap sangat mudah hancur.

Demikian resep yang kami berikan semoga menjadi salah satu menu andalan ibu-ibu untuk disajikan bukan buat keluarga saja namun untuk semua kerabat yang penasaran dengan masakan tradisional ini.

Mungkin Anda Menyukai