Lontong Cap Gomeh Spesial

Tidak ada komentar 117 views

Lontong memang makanan praktis dan sudah dari jaman penjajahan dulu sudah ada, Menu ini juga sangat sederhana dengan bahan utamanya hanya nasi yang dibuat menjadi padat. Yah makanan ini juga indentik banget sama perayaan Cpa Go Meh yang dirayakan oleh masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia. Tentunya makanan jenis ini mengalami berbagai variasi dan perubahan untuk menyesuaikan dengan budaya citarasa lokal. Pada umumnya makanan lontong cap gomeh ini mirip dan tidak berbeda jauh dengan yang digunakan untuk lontong sayur betawi atau ketupat lebaran dan lontong sayur lainnya. Hanya saja lontong cap gomeh lebih lengkap dan khas chinese dibandingkan dengan lontong yang biasa dibuat orang-orang pribumi. Lontong cap gomeh memakai bubuk kedelai, sambal ati ampela, rendang daging, sayur lodeh, opor ayam dan lain-lainnya.

Lontong versi ini merupakan perpaduan dari berbagai macam resep masakan tradisional yang digabungkan menjadi satu. Jadi bukan merupakan masakan baru yang dibuat sebagian besar masyarakat Indonesia Hal ini karena sudah banyak dan membaurnya suku bangsa Tionghoa dan juga kulinernya yang memang terkenal lebih menjual dan enak dari Indonesia. Memang secara fisik lontong hampir sama dengan ketupat yang biasnaya dipakai di hari raya lebaran ataupun idul fitri yang dipadukan bersama rendang daging ataupun opor ayam yang sudah menjadi tradisi umat Islam di Indonesia. Karena memang proses asimilasi tersebutlah kini lontong cap gomeh menjadi salah satu menu yang sering dikosumsi oleh warga keturunan warga keturunan China di bumi pertiwi.

Untuk kalian yang hobi meracik masakan, anda bisa mencoba membaut resep makanan ini dimana untuk pembuatanya tidaklah sulit. Apalagi resep masakan ini juga mungkin pernah anda buat dirumah bersama keluarga. Namun buat kalian yang belum pernah memasak tentunya harus ekstra untuk membuat makanan ini. Namun anda tidak perlu khawatir karena kita akan mengajarkan anda membut lontong cap gomeh lengkap yang enak lezat tetapi mudah dan praktis cara membutanya. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat bahan-bahan resep lontong cap gomeh dan cara praktis bisa dibuat lontong, sayur lodeh, opor ayam dan bubuk.

Bahan-Bahan dan Bumbu Resep Lontong Cap Gomeh Spesial :

  • Beras kurang lebih 600 gram.
  • Air bersih secukupnya
  • Beberapa lembar daun pisang untuk membungkus lontong.
  • Lidi atau tusuk gigi seperlunya.
  • Ati ampela yang sudah dicuci bersih dengan air terus dilumuri dengan air jeruk nipis kemudian direbus dan potong seperti kotak dadu kecil-kecil.
  • Santan kental yang diambil dari perasan buah kelapa sebanyak 250 ml.
  • Santan cair dari perasan parutan kelapa kurang lebih 600 ml.
  • Cabai merah sebanyak 10 psc yang telah dicuci bersih dan di iris dan dihaluskan.
  • Bawang putih sedang sebanyak 10 psc yang sudah dikupas dan dihaluskan.
  • Bawang merah sebanyak 8 psc yang sudah dikupas lalu dihaluskan.
  • Daun salam sebanyak 3 psc yang sudah dicuci bersih.
  • Lengkuas satu batang saja yang sudah bersih dicuci lalu di tumbuk sebelum nantinya ditumis agar aromanya keluar.
  • Gula pasir putih secukupnya.
  • Garam dapur beryodium.
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat Lontong dan Sambal Cap Gomeh Spesial :

1. Langkah pertama bersihkan daun pisang yang akan digunakan dengan lap bersih kemudian potong potong sesuai ukuran yang diinginkan.
2. Rebus air sampai mendidih kemudian masukkan sebentar atau celupkan daun pisang diatas kedalamnya. Hal ini dilakukan supaya daun tidak mudah rusak saat akan dipakai untuk membungkus lontongnya.
3. Bentuk daun pisang diatas menjadi selongsong seperti kerucut dan kunci ujungnya menggunakan lidi.
4. Cuci beras sampai bersih kemudian buang airnya sampai tiris.
5. Masukkan beras yang sudah dicuci diatas ke dalam bungkusan daun pisangnya. Ingat cukup diisi sampai setengahnya saja karena nanti akan mengembang.
6. Tutup sisi yang terbuka dengan lidi dan ulangi sampai semua beras sudah terbungkus daun pisang.
7. Siapkan panci denga air secukupnya sampai lontongnya bisa terendam air kemudian masukkan lontong diatas ke dalamnya dan tutup.
8. Masak dengan api sedang sampai lontong benar benar matang sampai didalamnya atau kira kira butuh waktu sekitar 4 jam atau lebih. Air bisa ditambahkan kalau menyusut.
9. Tiriskan lontong yang sudah matang supaya kandungan airnya keluar sampai benar benar tiris dan dingin.
10. Siapkan penggorengan lalu tuangkan minyak secukupnya selanjutnya masukan irisan bawang putih dan bawang merah kemudian aduk aduk sampai harum.
11. Masukan irisan cabai lalu aduk-aduk samapi berubah warna dan tercampur dengan bahan lainnya.
12. Masukan darun salam dan lengkuas yang sudah ditumbuk dan ati juga yang telah dipotong-potong kemudian aduk-aduk dan masak sampai atinya terasa empuk.
13. Tuang santan cair bersama gula pasir dan garam lalu aduk-aduk sampai santannya mendidih.
14. Masukan santan kentalnya kemudian aduk-aduk sampai tercampur dengan bumbu lain dan santannya mendidih.
15. Masak sampai semua bahan mantang dan santannya menyusut dan mengental kemudian angkat dan letakkan di piring sajian.

Baca Juga :