Kue Lumpang Palembang

Kue Lumpang Palembang

Daftar Menu Masakan – Indonesia terkenal dengan ragam budaya dan juga ragam kulinernya. Kuliner indonesia dibagi menjadi 3 hal umum yaitu menu makan besar, menu minuman dan menu camilan. Camilan tradisional Indonesia, kita akan menemukan banyak sekali jenis camilan dengan nama-nama yang unik. Ada yang mengambil nama dari bahannya, dari bentuknya, hingga dari orang yang membuatnya pertama kali.

Kue lumpang adalah camilan asli Palembang, biasanya dinikmati bersama dengan secangkir susu atau kopi. Orang-orang di Palembang sejak dahulu sampai sekarang banyak yang mengonsumsi kue basah ini untuk sarapan pagi ataupun untuk camilan. Kue lumpang tergolong berbeda dari jenis kue basah lain. Mulai dari perbedaan dalam hal pembuatan hingga rasa yang dimiliki. Kue lumpang ini sendiri memiliki rasa yang cukup manis dan nikmat. Untuk masalah tekstur, kue lumpang sangat lembut dan mampu menggoyang lidah kita.

Bahan

  • Gula pasir sebanyak 100 gram, haluskan
  • Santan kental sekitar 200 ml, pilih kualitas terbaik
  • Pasta pandan sekiranya 1/2 sendok teh
  • Tepung beras sebanyak 120 gram
  • Tepung kanji cukup dengan 1 sendok makan
  • Garam halus sekitar 1/2 sendok teh
  • Minyak untuk mengoles cetakan secukupnya saja

Bahan Tabur

  • Kelapa parut secukupnya (usahakan jangan terlalu tua0
  • garam secukupnya

Cara Pengolahannya

  1. Pertama, siapkan terlebih dahulu sebuah wadah untuk mencampurkan adonan, kemudian campurkan tepung beras, tepung kanji, gula pasir, dan garam halus dalam wadah tersebut, aduk-aduk bahan tersebut.
  2. Selanjutnya masukan santan kelapa sedikit demi sedikit. Sambil memasukan santan kelapa tersebut uleni adonan tadi sampai kalis. Anda bisa menggunakan tangan ataupun bantuan mixer agar lebih praktis. Pastikan santan sudah tercampur merata bersama dengan adonan tepung.
  3. Tambahkan pasta pandan ke dalam adonan tersebut, aduk rata. Kemudian diamkan adonan sebentar sekiranya 10 menit agar semua bahan dapat menyatu secara sempurna.
  4. Sambil menunggu adonan siap, siapkan cetakan kue lumpang dan olesi dengan menggunakan minyak agar adonan tidak lengket nantinya. Masukan adonan pada cetakan hingga habis.
  5. Selanjutnya siapkan kukusan lalu kukus adonan yang telah ada dalam cetakan kue lumpang tadi selama kurang lebih 25 – 30 menitan.
  6. Apabila sudah setengah matang, taburkan parutan kelapa muda di atasnya secara merata. Tunggu sampai matang dan sajikan.

Demikianlah bahan baku dan proses pembuatan Kuliner Khas Palembang ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Masakan :

Mungkin Anda Menyukai