Kerak Telor

Tidak ada komentar 134 views
Kerak Telor,5 / 5 ( 1voting )


Makanan asli khas Betawi ini memang sudah jarang dijual di daerah-daerah Jakarta namun jangan salah bila Kerak Telor dulunya menjadi makanan yang cukup digemari pada masanya, dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti beras ketan putih, telur ayam, udahn kering (ebi) yang disangrai kering dan ditaburi bawang goreng merah setelah itu bumbunya dihaluskan yaitu berupa kelapa sangrai, kencur, cabai merah, jahe, merica butiran, gula pasir, garam. memang cukup dengan jajanan Martabak namun berbeda. Rasanya yang lexar serta gurih sangat enak untuk disantap selagi hangat.

Kehadiran masakan makanan Kerak Telor menjadi makanan tradisional Betawi memang tak lepas dari percampuran atau akulturasi kebudayaan antar bangsa. Seperti yang kita ketahui sejak abad ke-5, Jakarta khususnya kawasan pelabuhan Kalapa telah menjadi kawasan Internasinal berbagai bangsa! maksutnya di Pelabuhan Kelapa sudah terjadi Interaksi antar etnis maupun maupun bangsa. Konon kabarnya Kerak Telor diperngaruhi oleh tradisi kuliner dari negara lain yaitu Kuliner India, Arap, Portugis bakan Tionghoa.

Pedangan dari Gujaran adalah asal mula dari pengaruh kuliner dari India yang membawa serta pedagang dari Kerala yang sudah dikenal sebagai juru masak berbakar serta handal. Mereka sukses memperkenalkan Kari yaitu jenis masakan yang berasal dari Tamil. India menggunakan bahan rempah-rempah dari Indonesia selain itu mereka juga membawa makanan Martabak atau bisa yang juga disebut beda roti yang artinya roti dengan telur.

Masakan Arab terkenal dengan bumbu rempah-rempahnya seperti jinten, kapulaga, cengkeh, kayu manis, wijen dan minyak samin sehingga aroma rempahnya sangat nyata dengan rasa bertemu pedas. Beberapa contoh jenis masakan Arab dalam sajian dapur Betawi seperti acar bawang merah, soto tangkar, sayur bebanci, nasi goreng kambing, nasi kebuli, pacri nanas dan masih banyak lagi.

Jejak komunitas keturunan Portugis masih dapat kita jumpai di Kampung Tugu di utara Jakarta. Salah satu ciri masakan Portugis terletak pada bumbu yang dibakar. Contoh masakannya adalah pindang serani, di mana bumbu-bumbu pembuatnya dibakar terlebih dahulu. Begitu pula hidangan ringan kenari pada bolu karamel, talam singkong, dan lain-lain.

Bahan dan Bumbu Kerak Telor :

  • Beras ketan putih sebanyak 100 gram.
  • Air sebanyak 250 ml.
  • Kelapa parut sebanyak 100 gram yang sudah di sangrai untuk penabur.
  • Ebi udang sebanyak 15 gram.
  • Telur bebek 5 butir.
  • Bawang merah sebanyak 2 pcs.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis.
  • Cabai merah sebanyak 4 pcs.
  • Merica butir sebanyak setengah sendok.
  • Kencur sebanyak 3 cm.
  • Jahe sebanyak 1 cm.

Cara Membuat Kerak Telor :

1. Rendam beras kentan putih kedalam air selama satu malam setelah itu tiriskan.
2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga tercium aroma harum.
3. Bubuhkan 1 setengah sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudha panas setelah itu siram dengan 3 sendok air rendaman beras lalu biarkan hingga agak kering.
4. Siapkan satu tempat wadah untuk mengocok telur bebeknya yang di campur dengan setengah sendok bumbu halus yang sudah ditumis, setengah teh ebi, setengah sendok makan bawang merah goreng, 1 sendok makan gula pasir dan setengah garam bubuk.
5. Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan kemudian aduk sambil ratakan dan atur ketebalanya. Jika sudah maka tutup wajan sampai benar-benar matang. Balikan wajan cekung di atas bara api dan biarkan sampai benar-benar matang.
6. Yang terakhir taburi kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan.

Baca Juga :