Gulai Ayam Bumbu Sederhana

Tidak ada komentar 83 views

Gulai Ayam merupakan menu favorit untuk sebagian orang di Indonesia, makanan ini adalah murtni makanan daerah yang sudah semakin dikenal di seluruh nusantara. Makanan ini memiliki citarasa yang unik dalam kari ayamnya dan juga kuahnya kental dan enak banget dimana bumbu-bumbunya terbuat dari rempah-rempah alami. Gulai Ayam memang hampir sama dengan Opor Ayam namun sejatinya kedua kuliner ini berbeda dimana resep dan racikannya tidak sama. Gulai tidak hanya menggunakan daging ayam melainkan masih banyak daging hewani lainnya seperti gulai ikan, gulai sapi dan gulai nangka yang rasanya tidak kalah bersaing dengan gulai ayam.

Negri kita memang dikenal akan kekayaan budaya dan juga tentu kulinernya. Banyak sekali masakan atau makanan kita yang sebenarnya mempunyai bumbu dasar yang sama namun diolah kembali menjadi masakan baru yang lebih berbeda dan bercitrasa enak. Begitu juga gulai ayam yang sedang kami ceritakan saat ini. Bumbu yang enak dan pas sekali untuk dipakai membuat gulai salah satunya adalah bumbu yang unik dan memang dari penampakannya memang tak jauh dari bumbu gulai ayam atau opor ayam atau kari ayam yang mungkin pernah anda sebelumnya.

Dari tampilannya pun sangat mirip sekali karena kedua resep masakan ayam berkuah tersbut sama-sama menggunakan berbagai rempah, sereh, daun jeruk, bawang merah, bawang putih dan santan sebagai kunci resep dasarnya. Tetapi kalau sudah mencicipinya baru kelihatan perbedaan diantara kedua macam resep masakan Indonesia tersebut.

Gulai ayam menggunakan berbagai rempah alami seperti sereh, daun jeruk, bawang merah, bawnag putih dan santan sebagai kunci utama dalam resep menu ini. Gulai sendiri berasal dari Jawa yang dulunya disebut gule yang menggunakan kemiri dan tidak terlalu banyak menggunakan cabai. Kalo kari ayam berbeda bumbunya karena sebenarnya memang masakan dari India yang sudah dimodifikasi dengan keinginan lidah orang Indonesia. Sementara itu resep bumbu gulai ayam, gulali ikan ataupun gulai sapi meruapakn masakan khas daerah pulau Sumatera yang memang sudah terkenal akan aroma rempah-rempahnya. Santan asli digunakan untuk membuat gulai ayam pun jauh lebih kental dan lebih banyak daripada resep-resep sebelumnya.

Resep yang akan kita bahas adalah resep dengan bahan-bahan seperti kunyit, jintan, kayu manis, lengkuas, ketumbar lada dan lain-lain, namun yang perlu di ingat dan diperhatikan santa yah temen-temen dimana akan lebih bagus lagi kalau diambil dari perasan asli buah kelapa. Jangan terlalu percaya untuk menggunakan santan yang dipasarkan karena nanti akan mempengaruhi warna dan juga rasanya. Namun kalian tidak perlu takut karena sebenarnya meski memakai bumbu rempah-rempah . cara membuatnya sebenarnya sangat sederhana sekali kok tinggal uleg dan dicampur sudah deh jadi hehe. langsung aja untuk lebih jelasnya dibawah ini :

Bahan-Bahan Resep Gulai Ayam Bumbu Sederhana :

  • Ayam segar sebanyak setengah ekor yang sudah siap dipotong dan sudah bersih.
  • Santan yang diambil dari parutan seperempat kelapa besar sebanyak 400 ml.
  • Satu Batang serai yang dimabil bagian putihnya.
  • Daun jeruk sabanyak 2 psc yang telah dicuci bersih dan dirobek agar aromanya lebih terasa.
  • Lengkuas yang dimemarkan sepanjang 3 cm.
  • Daun kunyit sebanyak 1 psc agar warnanya kuahnya nanti bagus.
  • Cengkeh sebanyak 2 psc.
  • Gulai merah sebanyak setengah sendok kecil.
  • Kayu manis sepanjang 3 cm.
  • Asam jawa sebanyak setengah sendok.

Cara Membuat Gulai Ayam Bumbu Sederhana :

1. Langkah pertama haluskan dan uleg semua bumbu gulai, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, kunyit, jintan dan bahan bumbu gulai liannya sampai halus.
2. Kemudian siapkan panci ukuran sedang dengan api sedang juga.
3. Tuang santan asli bersama dengan bumbu gulai halus diatas kedalam panci.
4. Masukkan daun kunyit, daun jeruk, gula merah, asam jawa, cengkeh, kayu manis, batang serai, daun jeruk dan lengkuas kedalam panci diatas.
5. Aduk-aduk semua bahan didalam panci sampai mendidih. Ingat jangan sampai santannya pecah ya.
6. Setelah mendidih dan tercium bau kuahnya, masukkan potongan daging ayamnya kedalam panci dan aduk-aduk kembali.
7. Masak sambil sesekali diaduk sampai kuahnya menyusut, daging ayamnya matang dan sudah meresap bumbunya.
8. Tes rasa dan tambahkan garam dan atau gula pasir kalau diperlukan kemudian aduk kembali.
9. Setelah semua matang, angkat dan sajikan di mangkuk sajian.

Baca Juga :