Cireng Bumbu Rujak Renyah

Tidak ada komentar 96 views

Cireng adalah makanan yang sudah dijual sekal dulu dan bersama gorengan gorengan lainnya tentunya dan seiring perkembangannya kini cireng bisa dikombinasikan dengan sambal ataupun saus. Untuk membaut cireng sebenarnya tidak terlalu sulit karena bahan-bahannya cukup sederhana dan makanan ini juga cocok untuk dipakai buat ngemil buat nongkrong bareng bersama teman-teman. Cireng sendiri berasal dari kota Bandung yang terbuat dari tepung tapioka atau tepung aci dan muncul dikombinasikan bersama sambal ataupun saus yang rasanya benar-benar nendang banget men hehe. Makanan sejenis ini memang sudah dijual di berbagai kota dan tidak sulit untuk mendapatkannya namun alangkah baiknya kita bisa membuatnya sendiri.

Harga untuk membeli cemilan ini juga sangat terjangkau, walaupun bahan-bahanya mudah ditemukan, cireng atau makanan sejenisnya seperti cilok atau tahu aci dan cimol adalah satu jenis hehe. Untuk sambalnya biasanya sih cukup dengan sambal yang dibaut dari cabe biasa ataupun saos yang dibeli di warung-warung sekitar namun ada cara yang baru untuk menyantap makanan ini dengan sambal atau kuah yang berbeda yaitu dengan sambal bumbu rujak khas kota Bandung.

Jika anda sudah bisa memasak makanan ini sendiri dirumah tentunya sangat menguntungkan buat anda kan. Nah untuk itu kami akan memberikan resep cireng renyah bandung nih. Bahan bahan yang biasanya kami pakai yaitu bawang putih, daun bawang, santan dan lain-lainnya. Kita juga bisa membeli bahan bahan tersebut di warung maupun supermarket terdekat namun yang benar-benar masih bagus dan layak untuk dipakai yah temen-temen. Tepungnya harus bersih dari kotoran ataupun debu maupun bakteri membandel supaya nantinya cireng yang anda buat akan terasa renyah dan krispi.

Selain resep cireng renyah, sambal bumbu rujak juga merupakan salah satu faktor penting. Cireng yang renyah, gurih dan krispi tidak lengkap tanpa saus bumbu rujaknya yang pedas. Nah dibawah kita sertakan juga cara membuat bumbu rujaknya. Sangat mudah kok, tinggal mencampur semua bahan kemudian diaduk. Untuk yang benar-benar suka pedas, cabai yang digunakan bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera. Buat yang sudah tidak sabar, simak bahan dan cara membuat cireng renyah dengan bumbu rujak dibawah ini ya.

Bahan Resep Cireng Renyah :

  • Siapkan tepung tapioka yang baru sebanyak 1/4 kg lalu pisahkan atau sishkan tepung tapiokanya kurang lebih sebanyak 1 sendok makan untuk membuat bentuk adonan cirengnya.
  • Satu pcs Bawang putih yang sudah dihaluskan.
  • 1/2 bungkus Santan instan ukuran kecil (kara) supaya rasanya lebih gurih.
  • Air matang sebanyak 250 cc saja.
  • Satu bungkus bumbu penyedap kaldu ayam.
  • Satu batang daun bawang segar yang sudah dicuci lalu dirajang halus.
  • Garam dapur secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng cireng renyahnya.

Bahan Bumbu Sambal Rujaknya :

  • Buah cabai rawit merah secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4-6 pcs saja.
  • Asam jawa sedikit saja.
  • Gula aren secukupnya sesuai selera.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Terasi sedikit saja sesuai selera.
  • Air matang kurang lebih sebanyak 50 cc saja.

Cara Membuat Cireng Renyah Bumbu Rujak :

1. Langkah pertama siapkan satu wadah buat adonan dan masukkan tepung tapioka bersama dengan bawang putih halus, penyedap rasa ayam dan daun bawangnya.
2. Aduk-aduk semua bahan diatas sampai tercampur rata kemudian sisihkan.
3. Siapkan panci dan rebus 250 cc air sampai mendidih.
4. Setelah airnya mendidih, tuang santannya kemudian aduk-aduk kembali sampai mendidih.
5. Tuang air santan diatas ke dalam wadah adonan yang berisi tepung sambil diaduk-aduk supaya tercampur rata. Tes rasa dan tambahkan sedikit saja garam dapur kalau diperlukan.
6. Kemudian aduk-aduk menggunakan tangan atau diuleni sampai adonan kalis dan sedikit menguap kandungan airnya (tidak terlalu lembek).
7. Lumuri tangan dengan tepung tapioka supaya tidak lengket dan ambil adonan secukupnya kemudian bentuk bulatan sedang. Ulangi sampai adonan habis.
8. Siapkan penggorengan, beri minyak agak panas. Setelah minyaknya panas kecilkan apinya.
9. Masukkan adonan acinya kedalam penggorengan dan masak sampai matang dan mengambang kemudian tiriskan sebentar.
10. Langkah berikutnya kita siapkan sambal bumbu rujaknya.
11. Masukkan air kedalam panci dan masak sampai mendidih.
12. Haluskan dan uleg semua bumbu rujak diatas kemudian masukkan ke dalam panci berisi air mendidih diatas.
13. Aduk-aduk sebentar sampai semua bahan matang dan angkat kemudian pindahkan ke wadah.

Baca Juga :