Bebek Goreng

Tidak ada komentar 59 views
Bebek Goreng,5 / 5 ( 1voting )

Bebek Goreng

Selain Ayam Goreng, Bebek Goreng juga enak untuk anda santap karena rasanya yang renyah ditambah samel cocol yang khas memang membuat mata siapapun yang melihatnya pasti ingin melahapnya. Bebek dan ayam memang meruapak unggas dengan sumber protein yang sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia. Tekstur daging bebek jauh memang lebih lembut dan sedikit berlemak yang tentunya cocok banget untuk dinikmati bersama sepiring nasi putih yang lagi hangat. Sudah banyak variasi yang dibuat untuk menambah kenikmatan dalam menyantap bebek goreng diantaranya bebek goreng khas Madura, Bebek sambal ijo, Bebek goreng rica-rica. Cara untuk membuat bebek goreng harus memiliki tips khusus bila anda ingin hasilanya empuk, lembut dan renyah. Selain itu jika cara mengolah dagingnya benar, kita juga bisa mendapatkan keuntungan nutrisi vitamin dan zat gizinya yang berlimpah.

Walaupun bebek dan Ayam sering kita makan dagingnya namun keduanya sebenarnya mempunyai banyak sekali perbedaan diantaran salah satunya kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam daging bebek jauh lebih tinggi daripada daging ayam pada umumnya. Selain itu teksturnya lebih empuk dan lembut kalau kita memasaknya dengan benar. Hal ini juga dikarenakan daging unggas ini memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga lebih enak dan lezat.

Tidak hanya protein hewani saja yang bisa kita dapatkan ketika mengkonsumsi masakan bebek goreng ini, namun juga banyak nutrisi dan zat besi dan kandungan bergizi lainnnya seperti vitamin B12, vitamin B6, dan Asam amino. Daging bebek goreng sendiri diolah dengan baik sehingga bermanfaat untuk kelembutan kulit kita dan juga memantu melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Biasanya kalau kota makan bebek goreng di restouran ternama, kita akan mendapatkan tekstur daging yang lembut dan empuk sampai bagian dalam. Tetapi sebenarnya, pada dasarnya daging bebek ini lebih kenyal dan agak alot apabila dibandingkan dengan daging ayam. Hal ini karena bebek goreng ini banyak mengandung lemak di dagingnya. NamunĀ anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan tips memasak bebek goreng yang sehat.

Dengan sentuhan bumbu rempah-rempah asli tradisonal dan cara memasaknya yang tepat, Untuk hasil maksimal sebaiknya menggunakan daging bebek yang masih agak muda suapaya tidak alot. Daging juga harus dalam keadaan bersih dan dibagian dada kelihatan berisi supaya dagingnya banyak. Dibawah ini adalah resep untuk membuat bebek goreng.

Bahan-Bahan dan Bumbu Resep Bebek Goreng :

  • Daging bebek muda sehat dan segar yang tidak terlalu tua sebanyak 1 ekor.
  • Satu buah lengkuas ukuran sedang sebanyak 2 cm yang sudah dikupas kulitnya dan di memarkan.
  • Air jeruk nipis secukupnya supaaya bau amis aroma daging bebeknya hilang, kira-kira 1-2 pcs.
  • Batang serai yang berwarna putih sebanyak 2 batang.
  • Daun jeruk purut sebanyak 5-6 lembar.
  • Gula pasir putih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Penyedap rasa serbaguna rasa ayam kurang lebih 1 bungkus ukuran kecil.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng daging bebeknya.
  • Bawang putih ukuran sedang sebanyak 5 pcs. Kupas kulitnya lalu potong supaya mudah saat akan diuleg.
  • Bawang merah ukuran sedang sebanyak 7 pcs. Kupas kulit luarnya juga lalu potong.
  • Kemiri sebanyak 3 pcs.
  • Kunyit sepanjang 3 cm.
  • Satu buah lengkuas yang sudah diparut sepanjang 5 cm.
  • Garam dapur secukupnya.
  • Merica butiran sebanyak 1 sendok kecil.
  • Ketumbar yang sudah disangrai sebelumnya sebanyak 3 sendok kecil.
  • Batang serai ukuran sedang sebanyak 1 batang. Cuci bersih, ambil bagian putihnya saja lalu iris iris halus supaya mudah saat akan dihaluskan.
  • Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 3 cm saja.

Cara Membuat Bebek Goreng Empuk Yang Praktis dan Enak :
1. Potong 1 ekor bebek menjadi 4-6 bagian lalu cuci daging sampai bersih dengan air kemudian tiriskan sebentar.
2. Siapkan satu wadah yang ada tutupnya dan masukkan daging bebek diatas dan lumuri dengan air jeruk nipis sampai rata kesemua bagian dagingnya.
3. Sambil sedikit diremas remas supaya benar benar merata kemudian tutup dan diamkan dalam lemari pendingin supaya meresap dan bau amisnya hilang setelah itu masukan lemari pendingin.
4. Keluarkan dari lemari pendingin dan bilas kembali dengan air bersih untuk menghilangkan sisa air jeruk yang masih menempel dan tiriskan.
5. Haluskan dan uleg berbagai macam bumbu bebek goreng yang sudah dipersiapkan sampai benar benar halus dan merata.
6. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis bumbu resep bebek yang sudah dihaluskan diatas.
7. Masukkan bumbunya dan aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisan bumbu bebeknya.
8. Masukan daun jeruk purutnya bersama dengan lengkuas yang sudah dimemarkan, batang serai, kaldu ayam dan garam dapur beserta gula pasir putih secukupnya. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata dan tercium bau harum.
9. Masukkan daging bebek yang sudah ditiriskan sebelumnya kedalam penggorengan berisi bumbunya dan aduk aduk sampai tercampur rata.
10. Masukkan air bersih yang sudah dipersiapkan sebelumnya kemudian aduk aduk kembali sampai mendidih.
11. Kecilkan apinya lalu masak daging bebeknya sampai empuk dan bumbunya meresap sambil sesekali dibalik supaya merata (kurang lebih sekitar 60 menit).
12. Tambahkan garam dan gula kalau diperlukan. Air bisa ditambahkan juga apabila bumbunya sudah menyusut tetapi dagingnya belum empuk.
13. Setelah empuk matikan apinya dan biarkan daging bebek gorengnya berada didalam bumbu supaya bumbunya lebih meresap sempurna (kurang lebih butuh waktu sekitar 50-60 menit).
14. Siapkan penggorengan dan beri minyak banyak. Setelah minyaknya panas, masukkan potongan daging bebeknya dan masak sampai matang dan berwarna kecoklatan.
15. Setelah matang angkat dan tiriskan sebentar sebelum disajikan.

Baca Juga :