Ayam Penyet Spesial

Tidak ada komentar 102 views

Ayam Penyet Spesial

Daging ayam memang merupakan daging yang paling diminati dan digemari oleh masyarakat kita pada umumnya selain karena memang tekstur dagingnya yang lunak dan enak, Daging ayam juga memiliki cita rasa tersendiri. Salah satu menu kuliner yang memakai bahan utama daging ayam adalah Ayam Penyet dimana masakan ini bisanya disantap bersama-sama dengan sambel cocol yang dibuat dari cabai dan bumbu-bumbu lainnya. Ayam penyet juga menjadi menu yang sering ada di rumah makan warteg ataupun restoran sekalipun karena makanan ini memang khas daerah banget. Namun tidak ada salahnya bila kita belajar untuk membuat resep masakan sedap ini.

Kota yang terkenal dengan menu makanan ini adalah Surabaya yang menjadi pelapor dari masakan Ayam penyet yang sudah menyebar luas ke kota-kota lainnya. Harga untuk satu porsi ayam penyet juga cukup terjangkau dan selain daging ayam anda juga bisa memakai daging lain sebagai menunya seperti daging bebek dan daging ikan lele.

Ayam penyet mempunyai artinya yaitu tipi atau gepeng namun dari penampaknya kini penyajian resep auam penyet sudah jauh berbeda dari yang dulu dan sudah menjadi ayam goreng biasanya. Penyajian yang benar adalah ayam penyetnya ditekan dengan ulekan yang digunakan untuk membuat sambal. Masakan ini juga cocok untuk kamu yang ingin merasakan daging ayam dengan citarasa yang berbeda. Berikut ini adalah bahan dan bumbu serta langkah-langkah untuk membuat menu ayam penyet spesial.

Bahan dan Bumbu Resep Ayam Penyet Spesial :

  • Siapkan daging ayam yang masih segar yang sudah dipotong menjadi 4 sampai 6 bagian lalu dicuci bersih dan tiriskan sementara.
  • Jahe sepanjang 2 cm.
  • Daun salam sebanyak 1 psc.
  • Lengkusas yang sudah dimemarkan sepanjang 3 cm.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Air bersih secukupnya.
  • Ketumbar sebanyak 1 sendok makan.
  • Bawang putih sebanyak 4 psc.
  • Garam secukupnya.
  • Kunyit sepanjang 1 cm.

Cara Membuat Ayam Goreng Penyet Spesial :

1. Pertama-tama haluskan bumbu seperti bawang putih, kunyit, ketumbar dan tuangkan sedikit garam dengan cara diulek pake ulekan atau cobek.
2. Masukan air secukupnya bersamaan dengan umbu yang sudah dihaluskan tadi dan daging ayam yang sudah dipotong.
3. Masak dan diaduk-aduk hingga ayamnya empuk dan bumbunya meresap.
4. Jangan lupa panci ditutup supaya bumbunya lebih meresap ke dagingnya.
5. Setelah matang maka matikan kompor dan diamkan untuk sementara waktu agar tidak terlalu panas.
6. Masukan daging ayam dan bumbu diatas masakan sampai matang dan dagingnya berwarna kuning dan kecoklatan.
7. Setelah matang maka bisa langsung ditiriskan lalu disajikan.

Baca Juga :